Tiga Tugas Utama Dalam Pembukaan

Tiga Tugas Utama Pembukaan

Oleh : CaturKita

Membiasakan diri untuk menyelesaikan tiga tugas utama dalam pembukaan lebih dulu sebelum melakukan hal lainnya (misalnya menyerang) merupakan pelajaran pertama buat para pemain catur, terutama yang masih beginner (pemula) supaya tidak bingung dalam belajar pembukaan, Menurut saya, dalam pembukaan apapun, skill atau ketrampilan untuk menyelesaikan 3 tugas pembukaan dalam catur jauh lebih penting daripada menghafal atau mengigat varian-varian yang ada dalam pembukaan tersebut. Hal ini karena mengingat atau menghafal varian bisa lupa atau ragu (jumlah varian yang diingat juga banyak sekali), sedangkan ketrampilan mewujudkan tiga tugas utama pembukaan tersebut tidak mungkin bisa lupa. Mungkin kalau kita adalah pemain atau GM super dunia dengan elo di atas 2600, pemahaman terhadap jalur atau varian pembukaan tertentu dapat menjadi senjata yang ampuh untuk mendapat keuntungan dari lawan. Tapi untuk pemain amatiran saja, saya kira kebiasaan untuk menjalankan 3 tugas utama pembukaan (dalam pembukaan apapun) sudah cukup baik untuk memasuki tahap middle game yang solid.

Keingintahuan saya tentang bagaimana para pemain profesional menyelesaikan 3 tugas pembukaan tersebut baik mereka sadari atau tidak mendorong saya untuk mempelajari partai-partai mereka. Partai terbaik untuk mempelajari pembukaan yang digunakan para pemain profesional tingkat dunia adalah pada saat mereka memainkan Catur Bullet (waktu pikir 1 menit) atau catur blitz (biasanya waktu pikir 3 – 5 menit). Meskipun demikian saya juga mempelajari bagaimana ketiga tugas utama pembukaan tersebut dilakukan oleh para pemain profesional tingkat dunia dalam catur klasik. Untuk partai bullet dan blitz saya telah memilih pemain terbaik dalam bullet dan blitz yang biasanya dimainkan secara online. Untuk itu saya memilih partai yang dimainkan oleh GM Alejandro Ramirez (nama samarannya “LittlePeasant”), GM Fabiano Caruana dan GM Igor Smirnov (nama samarannya “Charodej”) yang dimainkan dalam suatu situs online. Sedangkan untuk catur klasik saya pilih partai-partai dari pertarungan perebutan kejuaraan dunia yang pertama kalinya antara Anatoly Karpov dan Garry Kasparov serta satu partai dari perebutan Kejuaraan Dunia catur antara Anand dan Carlsen, 2013.

Berikut beberapa contoh yang menunjukkan bagaimana para pemain menyelesaikan lebih dulu tiga tugas utama pembukaan, kemudian mulai memasuki tahap permainan tengah. Saya tidak membahas bagaimana metode yang praktis untuk melakukan rencana penyerangan pada tahap mulai memasuki middle game dan juga tidak membahas bagaimana varian yang kemungkinan ada dikalkulasi. Hal ini karena diluar topik artikel ini. Mudah-mudahan dikesempatan lain saya akan membuat dan sharing artikel tentang kedua hal tersebut.

Contoh dari Catur Bullet (1 menit) 7 Partai

Contoh dari Catur Blitz (3-5 menit) 7 Partai

Contoh dari Catur Klasik (WCC Karpov-Kasparov) 7 partai

Kejuaraan Catur Dunia Anand-Carlsen 2013 di Chennai, India.