Cara Sederhana Menilai Posisi

Cara Sederhana Menilai Posisi

Oleh : CaturKita

Melakukan evaluasi atau penilaian posisi secara sederhana dapat dilakukan dengan cara melihat hal-hal sebagai berikut : a). Penguasaan ruangan dan pusat. Pada umumnya semakin banyak menguasai ruangan, semakin baik kita dapat meletakkan posisi perwira kita. b). Kelemahan, yaitu adanya Bidak lemah dan petak lemah. Bidak lemah merupakan sasaran serangan yang baik, sedangkan petak lemah lawan merupakan petak kuat bagi kita sehingga dapat ditempati perwira kita, terutama Kuda, c). Keuntungan materi, misalnya menang Bidak atau kepemilikan Gajah lawan Kuda dihubungkan dengan keadaan posisi (terbuka atau tertutup), dan d). Lokasi atau posisi perwira kita dibanding dengan posisi perwira lawan, mana yang lebih aktif.

Berikut disajikan 5 contoh bagaimana mempraktekkan hal tersebut di atas. Bagi yang berminat kami menyediakan buku Cara Sederhana Menilai Posisi Catur yang berisi latihan 64 posisi dan jawabannya. Buku ini tersedia untuk didownload atau dapat dibeli dalam versi pdf dan pgn melalui menu Buku Catur Indonesia di website ini.

Posisi 1

Pada posisi ini Putih lebih baik. Perbedaan utamanya adalah posisi Gajah Putih di e2 dan Gajah Hitam di g7. Gajah di g7 hanya dapat terjun ke dalam pertempuran dengan jalan memajukan Bidak e5, tetapi setelah langkah tersebut Bidak d5 menjadi Bidak terisolasi.
Kuda Hitam dalam struktur seperti ini lebih baik diletakkan di c6.

Posisi 2

Pada posisi ini Hitam lebih baik. Hitam memiliki dua Gajah melawan Gajah dan Kuda. Dalam hal ini Hitam memiliki keuntungan karena posisinya terbuka.

Posisi 3

Pada posisi ini Putih lebih baik. Putih unggul dalam penguasaan rungan, sehingga para perwiranya terletak pada tempat-tempat yang lebih baik dari perwira Hitam. Kuda Putih di c4 lebih baik dari Kuda Hitam di b8. Kedua Benteng Putih mengontrol lajur c.

Posisi 4

Pada posisi ini Putih lebih baik. Putih mempunyai kelebihan satu Bidak. Tetapi yang faktor utama yang menentukan adalah Gajah Melawan Kuda. Posisi yang ada merupakan posisi terbuka, sehingga Gajah lebih baik daripada Kuda. Apalagi saat ini letak Gajah Putih
lebih baik dari Kuda Hitam.

Posisi 5

Pada posisi ini Putih lebih baik. Kuda melawan Gajah. Posisi tertutup, jadi menguntungkan Kuda. Gajah Hitam tidak punya prospek. Kuda Putih akan sangat baik jika terletak di d4, hal ini
akan menunjukkan keunggulan Kuda secara mutlak.