4 Kesalahan Taktis Paling Umum Dalam Catur

Dalam permainan catur, umumnya bila kita melakukan langkah salah, apalagi kesalahan besar (blunder) biasanya kita tidak memperolah kesempatan kedua untuk memperbaikinya.

Satu kesalahan cukup untuk mengakibatkan kekalahan kita.

Langkah pertama untuk mulai meminimalkan kesalahan adalah mengenal 4 kesalahan paling umum (terutama kesalahan taktis) dalam permainan catur kita. Berikut dijelaskan apa 4 kesalahn taktis paling umum tersebut :

Kesalahan 1: Tidak melihat keseluruhan papan

Kesalahan ini sangat buruk. Jenis kesalahan ini sering memaksa kita untuk menyerah.

Biasanya jenis kesalahan ini disebabkan karena kita hanya fokus pada pada bagian tertentu saja dari papan catur (pusat, sayap Raja atau Sayap menteri, bisa juga hanya pada bagian tertentu di posisi kita) dan kita tidak melihat perwira lawan dapat melangkah atau mengancam dari jauh. Gajah dan Menteri pada diagonal panjang merupakan contoh klasik pada kesalahn umum jenis ini. Contoh:

Mengapa langkah putih merupakan kesalahan?

Putih hanya fokus pada keinginan untuk mengancam Kuda dan tidak melihat papan secara menyeluruh dan tidak melihat bahwa Hitam dapan menjalankan Bxa1, menang materi.

Mengapa langkah putih merupakan kesalahan?

Putih hanya fokus pada tujuannya sendiri yaitu memakan Gajah Hitam tanpa merusak posisi Rajanya (struktur Bidak di depan Raja). Putih tidak melihat keseluruhan papan bahwa Hitam dapat menang dengan langkah ….Qd4+ dan makan Benteng di a1.

Kesalahan  2: Tidak berfikir tentang ancaman-ancaman lawan

Lawan saya membuat langkah baik juga. Kadang-kadang saya tidak mempertimbangkan hal ini. – Bobby Fischer

Jelas bagi kita bawa dalam permainan catur, lawan kita pasti mempunya sesuatu maksud atau rencana dalam pikirannya saat ia menjalankan langkah terakhurnya. Jika kita tidak menyisihkan waktu untuk mengetahui atau mempertimbangkan apa ancaman-ancaman  atau ide-ide lawan dengan langkah terakhirnya tersebut, kita akan membayar harganya cepat atau lambat.  Contoh:

Mengapa langkah Hitam merupakan langkah salah?

Hitam tidak memikirkan ancaman lawannya. Putih menjalankan Be5 dan memaku Menteri Putih sehingga dengan mudah ditangkap.

Kesalahan 3: Mengabaikan keamanan Raja kita

Salah satu tugas utama dalam tahap pembukaan adalah untuk membuat Raja kita mendapatkan posisi yang aman (biasanya dengan rokade). Mengabaikan prinsip ini dapat mengabkibatkan kekalahan yang cepat. Meskipun tidak langsung mat, tetapi menjalankan Raja kita karena diburu lawan adalah cara bermain catur yang tidak menyenangkan.

Contoh:

Mengapa langkah Hitam salah?

Hitam mengabaikan keamanan Rajanya. Putih sekarang dapat mengakhiri permainan dengan Bg6#

Raja yang tidak aman merupakan kelemahan yang dapoat dimanfaatkan lawan kita pada setiap tahap permainan – Raja tersebut akan menjadi target serangan dan langkah paksaan lawan. Pada saat Raja kita terekspose atau terbuka posisinya, lawan bisa menjadikannya sasaran serangan yang akan menyerap habis kekuatan kita atau membatalkan rencana kita. Misalnya kita jadi tidak bisa mengembangkan atau memperkuat posisi di bagian lain papan catur. Jadi pertimbangkan keamanan Raja kita setiap saat – hal ini merupakan pemikiran atau investasi waktu yang tidak sia-sia. 

Kesalahan  4: Tidak memikirkan peranan perwira saat ini sebelum menjalankannya.

Kita menggerakkan Gajah untuk menyerang Menteri lawan. Tetapi saying, ternyata Gajah kita tersebut sangat peting peranannya untuk melindungi Bidak penting….yang sekarang jadu tidak terlindung lagi karena ditinggal sang Gajah. Posisi kita jadi hancur berkeping-keping, seperti contoh di bawah ini….

Contoh:

Mengapa langkah Putih salah?

Putih tidak memikirkan peranan perwiranya sebelum menjalannnya. Gajah di c1 saat ini berperan melindungi Bidak di b2. Sekarang Bidak b2 tidak terproteksi dan Hitam dapat menjalankan Qxb2. Pada langkah berikutnya Hitam akan memakan Benteng di a1.

Demikian 4 kesalahan umum dalam catur. Latih untuk menghidarinya dan permainan catur kita akan meningkat. Menghindari kesalahn merupakan strategi catur nomer satu, seperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Bagaimana Cara Menghilangkan 4 Kesalahan Umum tersebut dalam permainan Kita?

Membaca artikel ini untuk mengetahui dan menyadari secara sungguh-sungguh tentang 4 kesalahan umum (terutama kesalahan taktis) merupakan awal yang baik.

Tetapi, disini kejutannya: Mengetahui tentang kesalahan-kesalahan paling umum dalam permainan TIDAK menolong kita untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut dalam permainan catur kita!

Saya tahu sepertinya hal ini tidak masuk akal. Berikut adalah penjelasannya : catur adalah permainan yang sangat kompleks. Banyak hal yang harus kita pikirkan saat kita bermain catur. Di tengah-tengah panasnya pertarungan catur kita akan lupa terhadap sebagian besar apa yang kit abaca tentang teori permainan catur, termasuk mengetahui 4 kesalahan umum ini.

Jadi bagaimana solusinya?  Jadikan pengetahuan kita sebagai ketrampilan yang otomatis.

Pikiran kita perlu dilatih untuk secara insting waspada terhadap kesalahan-kesalahan umum ini. Mencoba untuk mengingat teori tentang 4 kesalahan umum dalam artikel ini tidak praktis dan tidak banyak gunanya. Selalu waspada secara insting sehingga kita bisa terhindar dari kesalahan merupakan ketrampilan kita yang sangat berharga dalam permainan catur.

Bagimana mengembangkan ketrampilan tersebut ? Mengembangkan ketrampilan memerlukan pengulangan terus-menerus. Berikut adalah bagaimana kita dapat mengembangkan ketrampilan tersebut :

  1. Cari chess puzzles atau posisi taktik yang juga menunjukkan langkah terakhir yang dijalankan pihak yang kalah. Kenali secara jelas bahwa langkah terakhir itu salah, kemudian tentukan mana dari 4 kesalahan umum tersebut dilakukan dalam langkah terakhir dalam posisi chess puzzles Websita yang sangat baik untuk melatih ini dapat dilihat pada chess.com dan lichess.org atau chesstempo.com, kita bisa gunakan menu taktik dalam website-website tersebut, yang umumnya menunjukkan langkah terakhir pihak yang kalah terlebih dahulu sebelum kita diharuskan untuk memecahkan teka-tekinya.
  2. Baca artikel berikutnya tentang Bagaimana menghindari blunder dalam permaianan catur ? termasuk bagaimana melatihnya sehingga menjadi ketrampilan yang otomatis.